Friday, June 29, 2018

√ 25+ Hikmah Beriman Kepada Malaikat

Coba kau sebutkan pesan tersirat beriman kepada malaikat? Sebenarnya, ada banyak pesan tersirat dibalik perintah mengimani malaikat. Hikmah tersebut sebagai bab dari perintah Allah Swt dalam rukun kepercayaan yang wajib ditaati oleh setiap muslim. Sama dengan kita, malaikat merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah Swt, bedanya yaitu kita tercipta dari tanah, sedangkan malaikat dari cahaya. Ia bertugas untuk melayani segala urusan yang telah ditetapkan Allah.

 Coba kau sebutkan pesan tersirat beriman kepada malaikat √ 25+ Hikmah Beriman Kepada Malaikat

Beriman kepada malaikat menjadi tanda bagi seorang muslim bahwa ia mengakui keberadaan salah satu ciptaan Allah tersebut. Di samping itu, malaikat masuk ke dalam urusan mistik yang memang diperintahkan kepada kita untuk mempercayainya. Meskipun, kita tidak sanggup melihat wujudnya secara langsung, tetapi keberadaannya sudah niscaya ada alasannya yaitu hal itu diinformasikan eksklusif oleh Allah Swt dalam kitabNya.

Nah, pada kesempatan ini kami akan memperlihatkan klarifikasi wacana beberapa pesan tersirat beriman kepada malaikat. Semoga sesudah membaca uraian ini, kita sanggup mengetahui pesan tersirat apa saja yang terkandung dalam perintah kepercayaan kepada malaikat.

Sebutkan Hikmah Beriman Kepada Malaikat

Dalam perintah beriman kepada malaikat terkandung beberapa hikmah, antara lain sebagai berikut:

1. Meningkatkan kepercayaan kita kepada Allah

Hikmah beriman kepada malaikat yang pertama yaitu sanggup meningkatkan kepercayaan kita kepada Allah Swt. Peningkatan kepercayaan ini terjadi alasannya yaitu kita sanggup mempercayai ciptaan Allah yang tak terlihat itu, hal itu sama artinya kita mengakui kebesaran Allah Swt.

2. Berhati-hati dalam bertindak

Dengan beriman kepada Malaikat Allah, maka kita akan berhati-hati dalam bertindak. Malaikat yaitu makhluk Allah yang mempunya tugas, diantaranya mencatat amal perbuatan kita, sehingga kita akan lebih berhati-hati dalam bertindak, alasannya yaitu yakin apa yang kita tindakkan akan dicatat oleh malaikat

3. Yakin akan pertolongan Allah

Karena malaikat senantiasa mendoakan orang beriman maka ia tidak perlu takut kalau ia memerlukan pemberian kepada Allah SWT dan doa malaikat selalu dikabulkan Allah SWT

4. Memunculkan rasa syukur kepada Allah

Dengan beriman kepada malaikat, maka akan memunculkan rasa syukur kepada Allah, alasannya yaitu malaikat-malaikat Allah Swt, insan memperoleh banyak karunia.

5. Giat Berusaha

Beriman kepada malaikat akan membuat kita semakin ulet dalam berusaha alasannya yaitu rezeki yang diturunkan oleh Allah Swt dibagikan melalui malaikat. Tetapi harus dengan perjuangan dan kerja keras.

6. Menambah Kesadaran

Beriman kepada malaikat akan menambah kesadaran terhadap alam wujud yang tidak terjangkau oleh pancaindra, tetapi keberadaannya sudah niscaya ada.

7. Menambah semangat dan nrimo

Beriman kepada malaikat akan menambah semangat dan nrimo dalam beribadah walaupun tidak dilihat oleh orang lain ketika melakukannya.

Hikmah Beriman kepada Malaikat Lainnya 

Selain beberapa pesan tersirat yang telah dijelaskan di atas, berikut ini yaitu hikmah-hikmah lain yang terkandung dalam perintah beriman kepada malaikat:
  • Takut melaksanakan perbuatan maksiat, alasannya yaitu dengan meyakini segala perbuatan itu, tak akan terlepas dari pengawasan malaikat.
  • Berlomba-lomba dalam hal kebajikan, serta bertakwa dan beriman kepada Allah SWT.
  • Senantiasa untuk berpikir dan berhati-hati setiap melaksanakan suatu perbuatan, alasannya yaitu perbuatan baik atau buruk, akan selalu dipertanggungjawabkan di darul abadi kelak dan tak pernah luput.
  • Yakin akan pertolongan Allah SWT.
  • Membentuk sikap jujur, amanah dan mendorong diri kita untuk tetap senantiasa berbuat baik.
  • Iman kita yang jauh lebih berpengaruh dan jauh lebih yakin terhadap Allah SWT.
  • Tak akan tepat keimanan kita kalau tak mengimani malaikat Allah SWT.
  • Menumbuhkan rasa untuk mengagungkan Allah SWT, alasannya yaitu dengan kekuasaan-Nya telah membuat malaikat yang begitu istimewa.
  • Menghindarkan insan untuk terhindar dari perbuatan jelek dan tercela.
  • Menambah kesadaran akan alam wujud yang tak terjangkau oleh panca indera manusia.
  • Terhinda dari sikap sombong.
  • Memperkuat keimanan kepada Allah SWT.
  • Suka mendoakan kebaikan dan memberi ampunan untuk orang lain
  • Menghindari harapan untuk berbuat dosa.
  • Semakin yakin akan kebesaran dari Allah SWT.
  • Bersyukur kepada Allah SWT, alasannya yaitu sudah membuat malaikat untuk membantu segala kehidupan dan kepentingan insan itu sendiri.
  • Menumbuhkembangkan sikap cinta terhadap amal soleh.
  • Menambah semangat dan rasa nrimo dalam melaksanakan ibadah, walau tak dilihat orang lain ketika melakukannya.
  • Semakin ulet untuk berusaha, alasannya yaitu memang semua yang diturunkan oleh Allah SWT, harus dengan perjuangan dan kerja keras. 
Demikianlah klarifikasi wacana Hikmah Beriman Kepada Malaikat. Bagikan bahan ini supaya orang lain juga sanggup membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Sumber http://www.ilmusiana.com