Uji Kompetensi Bab 4
Halaman 272-273-274
B. Essay / esai / Uraian
IPS Kelas 8 SMP/MTS
PERUBAHAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA PENJAJAHAN DAN TUMBUHNYA SEMANGAT KEBANGSAAN
Uji Kompetensi Bab 4 IPS Halaman 274 Kelas 8
Uji Kompetensi Bab 4 IPS Kelas 8 Halaman 274
![]() |
Jawaban Esai Uji Kompetensi Bab 4 Halaman 274 IPS Kelas 8 |
B. Essay
1. Jelaskan bagaimana penderitaan bangsa Indonesia akhir penjajahan pada masa VOC!
Jawab:
Penderitaan Bangsa Indonesia selama kekuasaan VOC yaitu :
- VOC melaksanakan banyak sekali bentuk kekerasan dan penyiksaan kepada rakyat Indonesia.
- VOC mengadu domba dengan politik devide et impera sehingga sesama bangsa Indonesia saling bermusuhan dan menyebabkan perang saudara antar bangsa Indonesia sendiri.
- Monopoli perdagangan yang dilakukan VOC menciptakan rakyat menderita alasannya rakyat tidak bisa menjual rempah-rempah atau hasil bumi lainnya ke pedagang lain dan hanya bisa menjual ke VOC dengan harga sangat murah sehingga kehidupan ekonomi sangat terbatas dan rakat tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, sementara itu VOC mendapat laba yang besar.
2. Faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi Belanda menerapkan sistem Tanam Paksa di Indonesia?
Jawab:
Faktor-faktor yang menjadi latar belakang sistem tanam paksa yaitu :
- Adanya harapan pemerintah Belanda untuk meningkatkan ekspor tanaman perkebunan biar pendapatan negara menjadi meningkat.
- Ada kebutuhan yang mendesak alasannya pemerintah Belanda mengalami kerugian yang cukup besar dalam menghadapi Perang di benua Eropa.
- Selain itu di Hindia Belanda juga mengalami Kekosongan kas negara alasannya adanya perlawanan dari bangsa Indonesia, pada ketika itu terjadi Perang Diponegoro dan perang Padri secara bersamaan yang benar-benar menguras kas negara Hindia Belanda, maka tidak ada pilihan lain Belanda harus mempercepat menambah uang kas negaranya biar bisa keluar dari krisis.
3. Bagaimanakah manfaat Sumpah Pemuda bagi kehidupan bangsa dan bernegara ketika ini?
Manfaat Sumpah Pemuda dalam kehidupannya berbangsa pada ketika ini yaitu :
a. Meningkatkan jalinan persaudaraan dan kekeluargaan seluruh bangsa Indonesia
b. Meningkatkan kesadaran ihwal pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa
c. Menjalin kerukunan hidup dalam lingkungan masyarakat
d. Meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme pada diri setiap warga negara Indonesia
e. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam lingkup tatanan Pertahanan Nasional dari bahaya yang muncul dari luar negeri maupun dari dalam negeri sendiri.
4. Bagaimanakan perilaku kaum pergerakan terhadap penjajahan yang dilakukan Jepang?
Sikap yang ditunjukkan kaum pergerakan terhadap penjajahan Jepang yaitu :
a. Memanfaatkan organisasi-organisasi buatan Jepang Seperti PUTERA dan Barisan Pelopor untuk mengkampanyekan nasionalisme Indonesia dan kemerdekaan Indonesia.
b. Melakukan gerakan bawah tanah dengan pertemuan-pertemuan secara diam-diam dan tidak resmi untuk menggalang semangat kemerdekaan dan tidak mengenal kompromi dengan Jepang.
c. Melakukan perlawanan bersenjata secara pribadi berhadapan dengan pasukan Jepang, perilaku ini ditunjukkan di beberapa kawasan menyerupai di Aceh, Singaparna dan Indramayu Jawa Barat, serta di Blitar Jawa Timur.
5. Bagaimanakah perilaku kalian sebagai cowok memaknai kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para p0juang?
Sikap cowok dalam memaknai kemerdekaan yang telah diperjuangkan yaitu :
a. menjaga dan memelihara kemerdekaan ini hingga kapanpun
b. mengisi kemerdekaan dengan mencar ilmu dan menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi bangsa dan negara
c. memelihara persatuan dan kesatuan bangsa
d. menjaga kerukunan dan toleransi bangsa Indonesia
e. selalu mengenang dan berterima kasih kepada para jagoan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia hingga titik darah penghabisan.
Sumber http://www.bastechinfo.com